Meraih Keuntungan Besar dari Bisnis Mie Kering

Pengertian Bisnis
Hal pertama kita bahas ialah definisi bisnis. Definisi bisnis merupakan kegiatan penjualan barang atau jasa yang dikerjakan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen dengan maksud paling utama adalah meraup keuntungan. Dan sebenarnya, kita melakukan bisnis apapun ialah memang bertujuan untuk meraup keuntungan yang besar.

Pengertian Potensi Bisnis dan Peluang Bisnis
Potensi adalah kemampuan yang dapat didapat berdasarkan kemampuan internal kita dalam melakukan usaha yang apik. Potensi patut kita ketahui untuk menunjang apa yang hendak kita lakukan dari sebuah bisnis. Potensi ialah kemampuan internal dari pebisnis tersebut. Kemampuan yang pertama adalah jiwa dari pebisnis, sudah mempunyai jiwa seorang pebisnis atau belum. Jiwa pebisnis harus berani mengambil resiko dan bahaya, termasuk resiko untuk bangkrut dan rugi. Yang kedua adalah tentang modal. Kita tak bisa memungkiri semakin besar modal yang dipunyai oleh seseorang maka semakin besar pula potensi untuk melaksanakan sebuah bisnis. Tetapi, modal bukanlah hal utama karena hal yang lebih utama ialah keinginan untuk berkomitmen dan belajar konsisten dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan mengenai peluang bisnis, selain mengandalkan potensi bisnis kita juga harus tahu tentang peluang bisnis tersebut dan menganalisanya dengan baik. Pengertian dari peluang bisnis baru bisa diketahui setelah kita melakukan analisa yang menyeluruh tentang bisnis tersebut. Peluang bisnis juga umumnya datang waktu seseorang mempunyai niat untuk melakukan bisnis meskipun dengan dana seadanya.

Oke, setelah memahami pengertian bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah waktunya untuk membahas tentang ide bisnis yang mempunyai masa depan cerah. Sebenarnya ada banyak sekali ide bisnis yang memiliki prospek bagus bila dijalankan di Indonesia, apalagi bisnis kuliner.

Jika kita melihat pasar di Indonesia, tentu ada banyak peluang bisnis kuliner yang bisa dijalankan oleh calon pebisnis yang menyukai bisnis kuliner. Masyarakat Indonesia sangat terkenal konsumtif dibanding negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Dan Indonesia terkenal dengan jenis makanannya yang beraneka macam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama sampai makanan ringan. Harganya pun bervariasi mulai dari yang murah, sampai yang mahal.

Baca juga  Cara Memotong Daging untuk Sate Kambing Secara Mudah dan Menyenangkan
Jika tertarik untuk mencoba bisnis di bidang kuliner Indonesia, maka salah satu bisnis makanan yang perlu anda coba adalah bisnis mie kering.

Sebagian besar warga Indonesia pasti sudah familiar dengan makanan yang satu ini. Makanan ini mempunyai rasa yang sangat nikmat dan sangat mudah ditemukan dimana saja. Makanan ini memiliki sangat banyak penggemar, baik laki-laki, perempuan, anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Mengapa Harus Bisnis Mie Kering?
Indonesia merupakan negara pengkonsumsi mie tertinggi nomor 2 di dunia sesudah negara China. Bahkan saat ini mie telah menjadi makanan utama kedua sesudah beras. Sangat banyak olahan kuliner berbahan dasar mie yang dijadikan sebagai ladang bisnis, contohnya adalah mie kering.

Kesempatan usaha mie kering sangatlah bagus dan menguntungkan serta target pasarnya pun sangat luas. Bisnis mie kering merupakan usaha yang tidak akan pernah mati karena penggemar kuliner ini sangatlah banyak dan tersebar dimana-mana. Sekalipun telah banyak orang yang berjualan mie kering, namun penikmat mie kering tidak akan pernah berkurang malah semakin berkembang terus.

Usaha mie kering ini memiliki kemungkinan yang cerah untuk jangka waktu yang lama, bahkan usaha mie kering ini telah melahirkan banyak pengusaha sukses.

Dengan semua kelebihan bisnis mie kering, maka tidak aneh jika banyak pelaku bisnis baru yang berhasrat untuk memulai bisnis mie kering ini. Tapi sebelum memulai usaha ini, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjalankan Bisnis Mie Kering

1. Modal Usaha
Kekurangan modal usaha merupakan persoalan yang sering mucul ketika hendak memulai sebuah bisnis. Ada banyak cara untuk menutupi kekurangan modal usaha, misalnya dengan mencari rekan kerja yang bisa diajak kerja sama, mencari pinjaman ke koperasi atau bank lewat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku usaha kecil menengah (UKM).

2. Lokasi Usaha
Pilihlah lokasi usaha yang banyak pengunjungnya atau lokasi yang dilewati banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha juga harus untuk memperhitungkan modal yang nantinya akan dikeluarkan. Sejumlah tempat bisnis kuliner yang strategis antara lain di sekitar sekolah atau kampus, wilayah perkantoran, lingkungan pasar, pusat perbelanjaan, perumahan dan lokasi wisata.

Baca juga  Potensi Bisnis Kebab di Bandung
3. Menu Andalan
Sebelum memulai bisnis, sebaiknya melakukan peninjauan menu yang beredar di pasaran terlebih dulu. Lalu, pilih menu yang paling favorit. Tapi jika ingin mengurangi jumlah kompetisi, pilih menu-menu yang istimewa dan belum banyak yang menjual. Tetapi opsi menu tersebut harus disesuaikan dengan sasaran konsumen.

4. Target Pemasaran
Salah satu faktor kunci keberhasilan menjalankan usaha makanan dan minuman adalah menyesuaikan jenis bisnis dengan target konsumen. Meskipun produk ditawarkan dengan harga murah, tetapi tidak sesuai dengan kegemaran konsumen maka ini dapat jadi masalah.

5. Sikap dan Perilaku Kepada Konsumen
Penting untuk menjaga sikap maupun perilaku ketika berhadapan pembeli, semakin anda ramah dan sopan maka akan semakin banyak konsumen yang berkeinginan menjadi pelanggan. Coba dibayangkan apakah ada konsumen yang mau membeli pada pedagang yang tidak sopan dan jutek?

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-mie-kering/

Potensi Bisnis Franchise Minuman Pasco

Sebutan waralaba atau dikenal juga dengan kata franchise merupakan sebuah kerjasama dalam bidang usaha, yang mana hasil atau untung yang dihasilkan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan awal.

Kesempatan untuk bisnis franchise kuliner sangat besar sekali untuk dapat di scale up, alasannya usaha di bidang kuliner adalah usaha yang merupakan kebutuhan harian yaitu makanan dan minuman.

Usaha franchise di Indonesia sudah bukan hal yang langka lagi di telinga. Nyaris di setiap sudut daerah dapat ditemukan usaha franchise. Dari semua jenis waralaba yang kita ketahui di Indonesia, di antara yang dapat mudah kita temukan baik di kota, pusat-pusat perbelanjaan, mall, di tepi jalan raya, bahkan hingga di desa-desa, adalah bisnis franchise di bidang kuliner.

Perkembangan usaha franchise khususnya minuman sangat signifikan, hampir setiap hari muncul varian minuman baru yang diciptakan. Ini merupakan nilai lebih bagi suatu produk agar berkembang karena adanya ide-ide baru yang tidak akan berhenti.

Bisnis franchise minuman ini pun juga begitu banyak ragamnya. Ada gerai yang menyediakan minuman untuk produk utamanya adalah teh, coklat, cappuccino, bubble tea, dan lain-lain.

Karena begitu maraknya usaha franchise minuman yang semakin menjamur, hal ini membuat salah satu faktor yang memaksa pelaku usaha agar ikut mencoba dibidang bisnis minuman. Karena selain mempunyai peluang yang sangat besar, usaha ini juga bisa memberikan keuntungan yang tinggi pula.

Salah satu jenis franchise minuman yang memiliki potensi bagus yakni franchise minuman pasco. Bagaimanakah persiapan yang akan dibuat untuk membangun bisnis franchise minuman? Ya, agar bisa bergabung atau membangun usaha ini, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan. Hal pertama yaitu dengan cara join dengan bisnis franchise yang sudah mempunyai nama, dan pilihan yang kedua adalah memulai dengan membuat bisnis franchise sendiri.

Misalkan Anda lebih tertantang untuk memulai usaha ini dari awal yaitu pilihan yang kedua sebagai perintis, hal ini tidaklah susah. Hal-hal yang harus Anda siapkan yaitu gerai yang akan digunakan untuk berjualan, alat press, varian minuman yang ingin dijual, nama brand produk, dan pemilihan tempat untuk menjual produk Anda.

Baca juga  Manfaat Susu Kedelai Gym Untuk Kesehatan
Kedua jalur dalam menjalankan usaha franchise minuman ini sama-sama mempunyai untung yang tinggi, jadi tentukan sesuai keinginan Anda.

Untuk biaya operasional usaha franchise minuman pasco ini pun sangat sedikit, namun mudah untuk mendapatkan pembeli. Untuk lokasi berjualan tidak usah sewa kedai, Anda hanya menyewa tempat parkir, halaman depan kios orang lain atau di tempat parkir alfa dan indomart. Akan tetapi apabila Anda menginginkan menggunakan kedai untuk memasarkan produk itu akan lebih bagus.

Pegawai pun dapat digaji tidak terlalu besar dan tidak dibutuhkan banyak pegawai untuk menjalankan bisnis ini. Setiap orang baik pemula ataupun yang sudah biasa menjalankan bisnis akan sangat mudah untuk menjalankannya.

Berikut Lima Poin Penting untuk Mendirikan Usaha Franchise Minuman Pasco:

1. Carilah Lokasi yang Banyak Dilalui Orang

Hal ini adalah faktor yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah bisnis franchise minuman pasco, karena jika ada kesalahan dalam memilih tempat maka bisnis Anda tidak akan berjalan.

2. Harus Mempunyai Rasa yang Unik dan Enak

Namanya minuman yang pasti rasanya harus enak, dan supaya mempunyai perbedaan dengan bisnis orang lain maka minuman disarankan mempunyai ciri khas “berbeda”.

3. Desain Kedai yang Menarik

Kedai harus mempunyai tampilan yang unik supaya menarik perhatian, dan mudah dilihat orang yang lewat.

4. Lakukanlah Promosi

Lakukanlah promosi secara rutin, dapat dengan cara menyebarkan brosur atau dengan memberikan potongan harga untuk hari-hari tertentu, hal ini berguna untuk menarik pembeli baru.

5. Harga Jual yang Tidak Terlalu Mahal

Berikan harga yang cukup murah agar daya beli masyarakat dapat terjangkau, misal apabila Anda memasarkan produk di area sekolah, maka harga jualnya sesuaikan dengan kondisi uang saku anak sekolah.

Jangan takut memulai bisnis franchise minuman pasco, sebab disana Anda akan hidup serta menghidupkan ide kreatif menjadikan peluang bisnis yang tidak mati gaya. Dengan mempertimbangkan kembali setiap adanya resiko pastinya. Tidak perlu khawatir karena tidak ada yang tidak mungkin, Anda akan berhasil jika memiliki semangat dalam berbisnis dan berani mengambil peluang ini.

Comments