Mencicipi Keuntungan Tinggi Dari Bisnis Ikan Gobi

Bisnis ikan gobi memang saat ini masih jarang dikenal masyarakat.

Walaupun sebenarnya bisnis ikan gobi ini memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Hal ini disebabkan adanya peraturan pemerintah tentang pembatasan import ikan, sehingga membuat produksi ikan dalam negeri menjadi semakin baik.

Ikan gobi adalah jenis ikan air tawar yang ada di daerah-daerah sungai atau rawa-rawa.

Pada dunia perikanan, ikan gobi diketahui sebagai komoditi dengan menggiurkan.

Rasa dagingnya yang sedap dan gurih menjadikan harga jualnya tinggi.

Ikan gobi memiliki kadar lemak yang lebih sedikit dibanding ikan jenis lain, terutama bagian 2 asam lemak esensial, DHA sebesar 4,74 % dan EPA sebesar 0,31 %.

Kandungan lemak total yang terkandung pada daging ikan gobi adalah sebesar 2,55 % hingga 3,42 %, yang mana asam lemak tak jenuhnya adalah di atas 50 %.

Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang paling banyak terdapat di dalam tubuh ikan gobi yaitu sebesar 8,43 %.

Bersumber pada hasil dari survey, kadar gizi di dalam ikan gobi yang merupakan lemak tak jenuh (USFA sebesar 50 %) amatlah bagus agar mencegah adanya resiko penyakit Kardiovaskular.

Lemak tak jenuh juga memiliki manfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terdapat di dalam darah sehingga bisa menghentikan penyakit jantung koroner.

Jika dilihat dari kecilnya kandungan lemak yang terdapat pada tubuh ikan gobi ( 21-39 mg/100 gram), maka manfaat ikan gobi sangatlah bagus bagi Anda yang lagi menjalankan program untuk menurunkan berat badan karena dapat mengurangi asupan lemak harian pada menu makanan.

Untuk melakukan budidaya ikan gobi, Anda harus memperhatikan daerah yang akan ditempati. Tanah yang dipakai merupakan tanah liat.

Dengan jenis tanah liat, massa air yang banyak tidak akan bocor menembus ke dalam tanah sehingga dapat dijadikan dinding kolam.

Agar meringankan pengairan, lebih baik kemiringan tanah pada pembuatan ikan memiliki kisaran antara dua sampai lima persen.

Air yang dipakai merupakan air yang bersih.

Air yang dipakai juga harus air yang tidak terlalu keruh, bebas bahan-bahan kimia dan limbah pabrik.

Baca juga  Cara Membuat Jus Buah untuk Anak 1 Tahun yang Mudah Segar dan Menyehatkan
Masukkan larutan penghambat jamur agar air tidak cepat tercemar dengan jamur-jamur liar.

Kalau suhu air, cukup dengan suhu biasa yaitu 26 sampai 28 derajat celcius.

Supaya lebih memaksimalkan perkembangan Ikan gobi, Keasaman air harus berkisar antara PH 6,5 sampai 7.

Makanan menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan ikan gobi.

Makanan juga menjadi indikator apakah Anda bisa berhasil menjalankan usaha ikan pagobi tin atau tidak.

Pakan ikan yang diberikan untuk ikan gobi adalah pelet, Anda juga dapat menggunakan pakan alami seperti kerang, ikan, sisa dapur dan lain-lain.

Makanan lain ini dapat menjadi nilai lebih karena mempunyai protein yang tinggi. Makanan diberikan kepada ikan gobi sebanyak 2 kali sehari pada saat pagi dan sore.

Banyaknya takaran pakan adalah 3-5 persen dari total berat tubuh ikan gobi, jumlah pakan akan berubah seiring bobot ikan gobi yang bertambah.

Untuk mengetahui bobotnya cukup gunakan contoh 5-10 ekor ikan gobi.

Ikan gobi dapat berkembang hingga lumayan besar. Dan sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai ikan untuk di pancing atau juga sebagai ikan untuk dimakan.

Terlebih lagi apabila kita tengok kembali dari sudut pandang bisnis, ikan gobi tersebut memiliki prospek usaha yang masih sangat terbuka lebar sehingga bisa dijadikan sebagai usaha kecil-kecilan yang lumayan.

Terlebih olahan dari ikan tersebut sangat sedap, karena model ikan tawar yang satu ini bisa digolongkan sebagai jajaran daging ikan yang murah dan lezat.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-ikan-gobi/

Peluang Usaha yang Inovatif dan Kompetitif Lewas Bisnis Bakso Kreatif


Anda pecinta makanan bakso? Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan bakso? Bisnis bakso merupakan salah satu jenis usaha jajanan yang banyak diminati oleh masyarakat nusantara karena mempunyai citra rasa yang menggoyang lidah.

Mayoritas orang Indonesia rata-rata sangat suka sekali menyantap bakso.

Banyak sekali pecinta bakso di negara ini, dari anak-anak hingga orang tua menggemarinya.

Bakso terkenal dengan bentuknya yang bundar yang diolah menggunakan daging yang dilembutkan dan beberapa campuran bahan lain.

Rasa bakso sendiri digandrungi karena adanya rasa yang lezat dan nikmat.

Cara penghidangannya kadang kala dihidangkan bersamaan tahu, gorengan, mie dan juga siomay dengan sedikit kuah panas yang ditaburi dengan sedikit daun seledri dan juga bawang goreng.

Agar menambah citra rasa bakso pada waktu menikmatinya sering di tambahkan pula cabai, kecap maupun saos.

Di Indonesia umumnya hampir di seluruh tempat ada yang menjual bakso dengan berbagai varian.

Dan uniknya adalah makanan yang memakai bahan daging giling ini di setiap daerah seluruh Indonesia racikannya berbeda-beda.

Bakso menjadi kondang di Indonesia yang diolah oleh orang Tionghoa Indonesia.

Arti kata bakso juga berasal dari dua kata yakni “bak” dan “so” dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang artinya daging giling.

Dikarenakan penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim maka umumnya bakso diproses dari daging halal seperti ikan, daging ayam, ataudaging sapi .

Tingginya penggemar bakso di tanah air membuat prospek dari bisnis bakso semakin menjanjikan keuntungan yang terbuka lebar.

Bisnis bakso tak akan binasa dan selalu tumbuh dan meluas menjadi suatu usaha yang menjanjikan dan sangat banyak sekali orang yang berkecimpung di dalamnya.

Perspektif usaha bakso di tahun 2016 masih sangat cemerlang dan berpeluang menggiurkan bagi mereka yang ingin melakoni usaha tersebut.

Tentu bukan masalah yang susah untuk menemukan para pembuat usaha bakso kreatif yang menjual baksonya pada pembeli.

Karena usaha bakso kreatif sangat banyak akan penikmatnya, semestinya untuk memulai langsung dalam usaha bakso tak akan khawatir apabila bakso yang dijajakan tidak akan laku.

Jika Anda berencana untuk membuka usaha masakan bakso yang banyak digemari orang pastinya Anda juga harus menitikberatkan bakso dengan perbedaan rasa yang khas juga harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Proses pengolahan bakso juga tidak terlalu sulit karena bahan baku mudah ditemui serta memulai warung bakso saja sudah banyak orang yang penasaran.

Di berbagai daerah di Indonesia sendiri sudah banyak berbagai rupa bakso.

Rupa bakso yang paling umum adalah rupa bakso daging dengan serat halus, bakso urat dengan tekstur daging yang kasar juga bakso telur.

Selain berbahan daging sapi, bahan bakunya juga dapat memakai udang, ayam, ikan dan lainnya.

Memulai Bisnis Bakso Kreatif yang Menjanjikan
Anda berencana untuk menggeluti langsung dalam bisnis makanan bakso? Untuk masuk langsung dalam usaha bakso kreatif juga disarankan mempunyai modal dan biaya yang cukup.

Baca juga  Potensi Membuka Es Buah Keliling di Wilayah Ibu Kota
Tidak mungkin menjalankan bisnis bakso tanpa menggunakan modal dan biaya yang digunakan.

Lantas seperti apakah analisa bisnis bakso kreatif? Dalam menjalani bisnis bakso sangat dibutuhkan sebuah analisa usaha bakso kreatif yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk membuka bisnis tersebut.

Sebuah riset juga menjadi hal penting dalam memulai usaha bakso kreatif agar lebih menguntungkan serta tidak merugikan.

Berikut ini kami sajikan analisa bisnis bakso yang bisa Anda amati dengan detail:

1. Penggunaan Bahan Baku
Memulai usaha bakso seharusnya penting untuk menjalankan proses pembuatan bakso sendiri.

Selain untuk menghemat modal, juga dapat menyesuaikan rasa bakso sesuai keinginan para penggemar bakso.

Bakso yang dibuat sendiri pastinya menjadi ciri khas dari sebuah warung bakso Anda yang tidak sama dari yang dijumpai pada warung bakso lainnya.

Membuat bakso dengan aneka varian merupakan salah satu pointers agar penggemar bakso tidak bosan.

Adakalanya ada pula pengusaha usaha bakso yang hanya memasarkan satu bentuk bakso saja.

Maksudnya mereka adalah untuk menciptakan perbedaan tertentu.

Jadi, ketika ada seorang konsumen yang ingin makan bakso, mereka pasti mengingatnya dengan sangat mudah.

2. Lokasi Usaha
Bisnis bakso mudah sekali dijumpai di berbagai tempat.

Anda dapat menjajakan bakso di sekitar rumah, di lingkungan kompleks, di pasar, di pusat kota, di tempat wisata, di perempatan jalan, di sekolah, di kampus dan di tempat yang lainnya.

Mengingat banyaknya persaingan bisnis, Anda juga harus pintar-pintar memilih lokasi usaha yang tepat dengan banyak orang ramai.

3. Peralatan Usaha
Perlengkapan yang digunakan saat mengawali usaha bakso kreatif yakni seperti gerobak atau etalase yang digunakan untuk tempat penyimpanan bakso mentah dan juga bahan yang existed.

Peralatan yang digunakan untuk memasak, seperti tabung gas, kompor, panci besar, sendok sayur besar dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk tempat makan seperti mangkuk, sendok dan garpu, dan juga gelas.

Selain itu yang tak kalah pentingnya untuk sedia pula perlengkapan yang lain seperti meja, kursi yang dibutuhkan untuk tempat menikmati bakso dengan nyaman.

4. Karyawan
Menjalani bisnis bakso tentunya dilakukan dengan bantuan orang lain atau biasa disebut karyawan.

Jika hanya melakukan bisnis dengan tanpa bantuan orang existed tentunya Anda akan kelelahan.

Jika usaha Anda maju menjadi lebih banyak pelanggan dengan banyaknya pembeli tentu merekrut karyawan menjadi pilihan yang tepat untuk membantu memproduksi operasional bisnis yang Anda kerjakan.

Sebaiknya carilah karyawan yang memiliki minat kerja yang tinggi dengan lebih tanggap dalam melayani pengunjung dengan servis yang memuaskan.

Comments