Peluang Usaha Makanan Anak Modal Kecil

Usaha makanan dapat dikatakan sebagai “bisnis abadi” dikarenakan sejak bertahun-tahun yang lalu hingga saat ini usaha kuliner baik makanan dan minuman tak akan pernah sepi oleh pembeli.

Seperti yang kita ketahui, makanan dan minuman ialah salah satu kebutuhan utama yang pasti diperlukan oleh semua orang, inilah penyebabnya mengapa dari tahun ke tahun bisnis makanan selalu menjamur dimana-mana.

Ditambah lagi wilayah Indonesia kategori negara dengan tingkat konsumtif tertinggi di dunia yang membuat peluang bagi kita untuk terjun di usaha makanan ini semakin besar. Negara ini juga sangat dikenal dengan varian makanan di setiap wilayah. Jika kita amati sebenarnya ini bisa dijadikan sebagai bahan dasar “inspirasi” dalam mengawali bisnis makanan.

Di perkotaan sudah kian banyak aneka ragam bisnis makanan yang target pasarnya sesuai dengan selera anak-anak remaja di era sekarang. Sangat banyak ide-ide yang tumbuh di tengah persaingan bisnis yang kian ketat.

Jika kita cermati para pelaku bisnis makanan yang berhasil, mereka selalu menelurkan “inovasi” yang baru. Mereka tidak ikut-ikutan tren pasar, karena selera pasar itu tingkat kejenuhannya besar. Artinya, sangat riskan terjadi perubahan minat pasar dalam masa yang sangat singkat. Misalnya, orang jaman dulu tidak menyukai keju. Tapi jaman sekarang? Nyaris setiap orang menyukainya, terlebih anak-anak remaja. Ini merupakan beberapa contoh saja bahwa selera pasar itu berkembang cepat sekali.

Karena inilah, kalau kita lihat pelaku bisnis yang sukses di bisnis kuliner ini telah merencanakan secara rapi akan seperti apa model usaha mereka ke depannya.

Dalam proses ini biasa kita sebut dengan “riset pasar”. Pada intinya, riset pasar tersebut berguna agar kita mengerti seperti apa calon pembeli kita. Sehingga, kita dapat menyiapkan strategi produk dan cara promosi yang lebih efektif.

Saya Tidak Punya Background Pendidikan Memasak, Apa Bisa?
Mungkin inikah yang terlintas dalam angan kita kalau akan membangun usaha kuliner?

Ya, tidak hanya Anda kebanyakan orang juga kadang-kadang berpikir seperti itu. Tidak hanya peluang usaha makanan anak saja, namun di setiap bisnispun juga demikian. Apa bisa membangun usaha yang kita tidak mempunyai latar belakang pendidikan apapun yang berhubungan dengan usaha tersebut?

Baca juga  Peluang Usaha Bakso Celup, Mudah Membuatnya Besar Profitnya
Apabila kita cermati, sangat banyak orang-orang sukses berbisnis makanan dan mereka tidak ada pengalaman pendidikan memasak sekalipun.


Lalu Apa Saja Peluang Usaha Makanan Anak yang Menguntungkan?
Jika boleh penulis sampaikan, sebenarnya semua menguntungkan. Sebab semuanya itu punya “pasar” yang berbeda-beda.

Misalkan produk makanan A ditujukan untuk anak-anak, namun tidak sesuai untuk kalangan orang tua. Dan mungkin saja produk B target pasarnya untuk orang tua namun tidak sesuai untuk anak muda.

Jadi, saran penulis buatlah riset terlebih dulu mengenai produk apa yang akan Anda jual. Riset yang paling utama adalah riset produk, target “market” dan tempat memasarkan produk.

Setelah selesei menemukan jenis makanan apa yang akan di jual dan menentukan lokasi untuk menjual produk makanan maka belajarlah mengatur manajemen produksi, pemasaran, dan lain sebagainya. Karena letak yang tepat dan produk bagus saja belum cukup agar dagangan bisa laku.



Potensi Usaha Donat 


Kue donat- Siapakah yang tidak pernah mendengar salah satu macam kuliner ini? Semua individu tentu mengetahuinya. donat adalah jajanan yang cukup banyak digandrungi orang dari berbagai kalangan, dari anak-anak sampai orang lanjut usia.

Dikarenakan bentuknya yang khas yaitu berbentuk bulat namun memiliki lubang di tengahnya. Bisnis kue donat merupakan ragam usaha kuliner yang tidak mungkin pernah bangkrut dikarenakan bisnis ini senantiasa dibutuhkan oleh setiap orang. Pada intinya, usaha roti donat adalah usaha yang cukup menggiur di tengah sukarnya kompetisi di antara para pedagang.
Kemauan yang Kuat Untuk Berbisnis Kue Donat
Hal ini sangatlah urgen. Sebaiknya anda mengerti walau anda mempunyai uang yang melimpah namun tidak memiliki niat keras untuk berwiraswasta donat maka tidak akan berhasil. Itulah pentingnya kemauan yang kokoh. Oleh karena itu, ada baiknya anda mempunyai kenginginan yang kuat untuk berwiraswasta roti donat.

Variasi Donat
Sebaiknya anda berupaya untuk membuat donat yang beraneka ragam, karena roti donat yang mempunyai rasa dan bentuk yang biasa sudah membosankan bagi para pecinta kuliner sehingga kurang disukai oleh mereka. Oleh karena itu, baiknya anda menciptakan untuk membuat roti donat dengan macam yang berbeda, contohnya roti donat keju, donat bakar, kue donat madu dan lainnya.

Harga Jual Donat
Setelah anda memiliki banyak variasi kue donat, step berikutnya ialah menentukan harga jual kue donat. Perlu anda ketahui dengan adanya banyak jenis donat maka harga jual kue pun baiknya ditetapkan bervariasi sesuai dengan perhitungan biaya pembuatan donat, mulai dari yang paling maha sampai yang paling murah.

Pemasaran
Hal Ini ialah salah satu aspek yang tidak boleh dilupakan oleh seorang pelaku bisnis roti donat. Langkah pemasaran merupakan kunci keberhasilan suatu usaha. Sama halnya dengan usaha donat isi. Selanjutnya setelah anda membuat donat ialah melakukan marketing. Teknik marketing kue donat dapat dilaksanakan dengan taktik dititipkan di sejumlah kantin, atau dipasarkan di tempat tinggal sendiri.


Comments